Pasal : Shalat sunnah dan waktu yang dilarang
آكَدُ صَلَاةِ تَطَوُّعٍ : كُسُوفٌ، فَاسْتِسْقَاءٌ، فَتَرَاوِيحُ،
فَوِتْرٌ.
Shalat
sunnah yang paling utama: Shalat gerhana, shalat istisqa' (minta hujan), shalat
tarawih, dan shalat witir.
وَوَقْتُهُ : مِنْ صَلَاةِ العِشَاءِ إِلَى الفَجْرِ، وَأَقَلُّهُ
: رَكْعَةٌ، وَأَكْثَرُهُ : إِحْدَى عَشْرَةَ، مَثْنَى مَثْنَى، وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ،
وَأَدْنَى الكَمَالِ : ثَلَاتُ بِسَلَامَيْنِ.
Waktu untuk
shalat witir: Dari shalat Isya' hingga waktu fajar. Jumlah rakaat terendahnya
adalah satu rakaat, dan jumlah rakaat terbanyak adalah sebelas rakaat,
dikerjakan dua-dua rakaat, dan shalat witir diakhiri dengan satu rakaat.
Sedangkan tingkat minimal kesempurnaannya adalah tiga rakaat dengan dua kali
salam.
وَيَقْنُتُ بَعْدَ الرُّكُوْعِ نَدْبًا، فَيَقُوْلُ : »اللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي
فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ،
إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا
يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ«، »اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِرَضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ،
وَبِكَ مِنْكَ، لَا نُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ«، ثُمَّ يُصَلِّي
عَلَى النَّبِيِّ.
Dia membaca
qunut[1]
setelah ruku’ sebagai anjuran. Dia mengucapkan:
»اللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي
فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ،
إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا
يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ«
Dia juga
mengucapkan:
»اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِرَضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِعَفْوِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ،
وَبِكَ مِنْكَ، لَا نُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ«
Kemudian
dia bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.
وَيُؤَمِّنُ مَأْمُومٌ، وَيَجْمَعُ إِمَامٌ الضَّمِيرَ، وَيَمْسَحُ
الدَّاعِي وَجْهَهُ بِيَدَيْهِ مُطْلَقًا.
Makmum
mengucapkan “aamiin,” sedangkan imam mengucapkan doa dengan menggunakan dhamir
jamak (kata ganti orang jamak). Orang yang berdoa mengusap wajahnya dengan
kedua tangannya secara mutlak (tidak terikat kondisi tertentu)[2].
وَالتَّرَاوِيْحُ : عِشْرُونَ رَكْعَةً، بِرَمَضَانَ، تُسَنُّ
وَالوِتْرُ مَعَهَا جَمَاعَةَ، وَوَقْتُهَا : بَيْنَ سُنَّةِ عِشَاءٍ وَوِتْرٍ، ثُمَّ
الرَّاتِبَةُ : رَكْعَتَانِ قَبْلَ الظَّهْرِ، وَرَكْعَتَانِ بَعْدَهَا، وَرَكْعَتَانِ
بَعْدَ المَغْرِبِ، وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ العِشَاءِ، وَرَكْعَتَانِ قَبْلَ الفَجْرِ،
وَهُمَا آكَدُهَا.
Salat tarawih
adalah dua puluh rakaat pada bulan Ramadan. Disunnahkan mengerjakan tarawih dan
witir secara berjamaah. Waktu salat tarawih adalah setelah salat sunnah
ba’diyah Isya’ hingga sebelum salat witir. Salat rawatib adalah dua rakaat
sebelum Zuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat
setelah Isya’, dan dua rakaat sebelum Subuh. Salat dua rakaat sebelum Subuh
adalah yang paling ditekankan di antara rawatib.
وَتُسَنُّ صَلَاةُ اللَّيْلِ بِتَأَكُّدٍ، وَهِيَ أَفْضَلُ
مِنْ صَلَاةِ النَّهَارِ.
Salat malam
disunnahkan dengan penekanan, dan ia lebih utama dibandingkan salat di siang
hari.
وَسُجُودُ تِلَا وَةٍ لِقَارِئٍ وَمُسْتَمِعٍ، وَيُكَبِّرُ
إِذَا سَجَدَ، وَإِذَا رَفَعَ، وَيَجْلِسُ، وَيُسَلِّمُ.
Sujud
tilawah disyariatkan bagi orang yang membaca dan mendengarnya. Ia bertakbir
saat sujud dan saat bangkit dari sujud, kemudian duduk dan mengucapkan salam.
وَكُرِهَ لِإِمَامٍ قِرَاءَتُهَا فِي سِرِّيَّةٍ، وَسُجُودُهُ
لَهَا، وَعَلَى مَأْمُومٍ مُتَابَعَتُهُ فِي غَيْرِهَا.
Makruh bagi
imam membaca ayat sajdah dalam salat sirriyah (yang bacaannya lirih), melakukan
sujud tilawah, dan makmum mengikutinya selain pada salat tertentu.
وَسُجُودُ شُكْرٍ عِنْدَ تَجَدُّدِ نِعَمٍ، وَانْدِفَاعِ
نِقَمٍ، وَتَبْطُلُ بِهِ صَلَاةُ غَيْرِ جَاهِلٍ وَنَاسٍ، وَهُوَ كَسُجُودِ تِلَا وَةٍ.
Sujud
syukur dilakukan ketika memperoleh nikmat baru atau terhindar dari musibah. Sujud
syukur membatalkan salat orang yang tidak tahu atau lupa, dan ia sama seperti
sujud tilawah.
وَأَوْقَاتُ النَّهْيِ حَمْسَةٌ : مِنْ طُلُوعِ فَجْرٍ ثَانٍ
إِلَى طُلُوعِ الشَّمْسِ، وَمِنْ صَلَاةِ العَصْرِ إِلَى الغُرُوبِ، وَعِنْدَ طُلُوعِهَا
إِلَى ارْتِفَاعِهَا قَدْرَ رُمْحٍ وَعِنْدَ قِيَامِهَا حَتَّى تَزُوْلَ، وَعِنْدَ
غُرُوْبِهَا حَتَّى يَتِمَّ.
Waktu-waktu terlarang
untuk salat ada lima:
(1) Dari terbitnya
fajar kedua hingga terbitnya matahari. (2) Dari salat Asar hingga matahari
terbenam. (3) Ketika matahari terbit hingga ia naik setinggi tombak. (4) Ketika
matahari di tengah langit hingga ia tergelincir. (5) Ketika matahari terbenam
hingga selesai sepenuhnya.
[1] Syaikh
al-Qu’aimiy di al-Hawâsyiy as-Sabighot mengatakan :
يسن في المذهب أن يقنت في كل ليلة من السنة، خلافاً
للشافعية الذين يقولون بالقنوت في النصف الثاني من رمضان، وتوسط الشيخ ابن عثيمين
فقال: يسن أن يقنت تارة ويترك تارة، ويكون الترك أكثر من الفعل.
(تتمة) هل
يستحب أن يقنت جهراً أم سراً ؟
في المنتهى:
(جهراً)، وهو يشمل ما إذا كان منفرداً أو إماماً، ولذا قال في الغاية ويدعو جهراً
ولو منفردا)، وقال في الإقناع: (جهراً إن كان إماماً أو متفرداً نصاً، وقياس
المذهب يخير المنفرد في الجهر وعدمه كالقراءة). قال الشيخ
منصور في الكشاف وظاهر كلام جماعة: أن الجهر يختص بالإمام فقط ، قال في الخلاف وهو
أظهر). قلت: والمذهب الجهر للإمام والمنفرد، كما هو مجزوم به في المنتهى ، وقدمه
الإقناع ، والله أعلم.
Syaikh
Abdussalam bin Muhammad asy-Syuwai'ir mengatakan di dalam kitabnya Syarh Akhsor
Mukhtasorot hal 189 :
أي : يقنت مطلقا في رمضان وفي غيره
Yaitu,
membaca qunut secara mutlak, baik di bulan Ramadan maupun di luar Ramadan.
[2] Syaikh al-Qu’aimiy di
al-Hawâsyiy as-Sabighot mengatakan pada hal 118 :
أي:
يستحب أن يمسح وجهه بيديه إماماً كان أو غيره، في الصلاة أو خارجها ؛ لحديث السائب
بن يزيد عن أبيه عن جده: «أن الرسول ﷺ كان إذا دعا رفع يديه ومسح بهما وجهه ، رواه
أحمد وأبو داود والبيهقي. وفي الرواية الثانية: لا يستحب له أن يمسح ، وقد أنكره مالك،
وقال البيهقي: (الأولى أن لا يفعله)، وهو رأي شيخ الإسلام .
Dianjurkan untuk
mengusap wajah dengan kedua tangan, baik dia seorang imam maupun bukan, dalam
salat ataupun di luar salat.
Hal ini
berdasarkan hadis dari As-Sa’ib bin Yazid, dari ayahnya, dari kakeknya: “Bahwa
Rasulullah ﷺ ketika berdoa, beliau mengangkat kedua tangannya lalu mengusap
wajahnya dengan kedua tangan tersebut.” Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad, Abu
Dawud, dan Al-Baihaqi.
Namun, dalam
riwayat kedua disebutkan: tidak disunnahkan baginya untuk mengusap wajah.
Imam Malik
mengingkari perbuatan ini, dan Al-Baihaqi mengatakan: “Yang utama adalah tidak
melakukannya.”
Ini juga
merupakan pendapat Syaikhul Islam (Ibnu Taimiyyah).